Pelatihan Dan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) Tingkat dasar

Oleh: Wynda Secarina Shynta, SA.,MA.,QGIA

Bulan September lalu tepatnya tanggal 7 September 2022 sampai 17 September 2022, Badan Pengawas Internal (BPI) telah mengikuti kegiatan “Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) Tingkat Dasar”. Pelatihan dan Ujian sertifikasi diperlukan untuk menambah pengetahuan dan keahlian di bidang audit internal, tata kelola sektor publik, manajemen risiko, dan pengendalian internal di sektor pemerintah. Kegiatan ini diharapkan agar kapabilitas atau kualitas sumber daya manusia BPI semakin meningkat yang dapat menunjang  kualitas audit yang dilakukan oleh BPI, baik audit rutin maupun audit dengan tujuan tertentu.

Pelatihan dan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) dibagi menjadi 3 Tingkatan, Tingkat Pertama adalah Tingkat Dasar, Tingkat Kedua adalah Tingkat lanjutan dan yang ke tiga adalah Tingkat Manajerial. Secara keseluruhan kegiatan ini terdiri dari 27 (dua puluh tujuh) modul dan diuji serta dilaksanakan dalam dua ratus enam belas jam latihan.

Sistematika Pelatihan dan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) tingkat dasar dilaksanakan melalui metode daring (via zoom) dalam 2 tahap, yaitu: Pelatihan Qualified Internal Auditor (QIA) tingkat dasar metode daring (via zoom) dan ujian sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) tingkat dasar secara online. Beberapa materi yang dibahas dalam Pelatihan dan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) tingkat dasar, diantaranya:

  1. Fondasi audit internal.
  2. Standar professional audit internal.
  3. Perencanaan penugasan.
  4. Pelaksanaan penugasan.
  5. Struktur dan proses organisasi.
  6. Data analitik.
  7. Keterampilan personal.
  8. Tata Kelola, manajemen risiko dan pengendalian.

Materi tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan diantaranya menjadi lebih memahami tentang Konsep fundamental auditing, peran dan fungsi audit internal, perkembangan audit internal, tugas, wewenang dan tanggungjawab audit internal, independensi, objektifitas serta pengembangan profesi berkelajutan. Disamping beberapa hal tersebut, kegiatan ini juga dapat menggali potensi dalam membangun sikap skeptis dan berpikir kritis, selain itu juga melatih untuk berkomunikasi interpersonal dengan baik, serta melatih kemampuan negosiasi dan berkolaborasi, serta mendalami tata Kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal.

Hasil akhir dalam Pelatihan dan Sertifikasi Qualified Internal Auditor tingkat dasar (QIA) adalah seluruh peserta dari BPI dinyatakan lulus, dan semoga bisa meningkatkan pengetahuan dan skil dalam bekerja. (Wyn)