Pengalaman Auditor BPI Dalam Melakukan Audit Online Tahun 2021-2022

Oleh: Aditya Permana, SE.,MA.,Ak.,CA.,CPA.,CRMO.,QGIA

Mengingat situasi pandemi dari tahun 2020-2022 saat ini, hanya mengandalkan alat dan metode tradisional sangatlah tidak efektif, tetapi berpotensi mahal dan berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Teknologi dapat dilihat sebagai pendekatan pragmatis untuk membantu mengurangi dan membuat kasus pandemic saat ini lebih mudah untuk dihadapi dan dipahami.

Tuntutan penggunaan teknologi untuk kegiatan audit sebenarnya sudah ada. Kemajuan teknologi pun terus berjalan, tanpa kita sadari, dan tak terhindarkan, bahkan tak terbendung, namun ada beberapa kesenjangan aplikasi. Diantaranya ketersediaan listrik, ketersediaan internet, laptop, handphone, televisi dan ketimpangan geografi dimana Indonesia menghadapi berbagai hambatan dalam penggelaran infrastruktur tersebut. Jaringan komunikasi pun harus digunakan dalam aktivitas audit rutin.

Semenjak awal tahun 2021, Ketua Badan Pengawas Internal menginginkan audit dilakukan secara online dengan memeanfaatkan aplikasi-aplikasi yang sudah ada. Beberapa proses dalam audit online memang jauh berbeda dengan audit secara offline dengan cara mendatangi auditi. Pada saat itu dimulai audit online awal 2021, kami melakukan opening meeting dengan menggunakan aplikasi zoom. Opening meeting pada saat itu menjelaskan bahwa karena keadaan pandemi semakin parah maka audit akan dilakukan secara daring. Ketua Badan Pengawas Internal Ibu Hamidah menjelaskan proses atau alur audit yang akan kami lakukan.

Proses audit online kurang lebih hampir sama dengan audit tatap muka, kami tetap mengirim surat pemberitahuan audit dilampiri daftar permintaan data audit. Namun perbedaan mendasar para auditi mengumpulkan softfile dan mengupload ke link googledrive atau onedrive yang sudah dipersiapkan oleh tim auditor masing-masing. Selain itu perbedaan yang mendasar lagi terkait berita acara permintaan keterangan dan kuisioner pendahuluan diberikan diawal untuk diisi auditi. Nantinya setelah auditi mengisi bisa diupload juga ke link gdrive atau onedrive yang sudah disediakan untuk auditor memahami auditi di awal. Setelah itu auditor bisa menganalisis dokumen yang sudah diupload dan melakukan audit seperti biasanya dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang mendukung audit. Jika dirasa ada yang perlu dikonfirmasi, auditor bisa melakukan konfirmasi secara whatsapp atau mungkin menggunakan zoom meeting jika dengan tim.

Kegiatan audit dilakukan secara online menggunakan media online, yaitu :

  • Pengumpulan data audit melalui google drive
  • Penelusuran bukti transaksi melalui SIM Keuangan atau aplikasi lain.
  • Pelaksanaan diskusi dan permintaan keterangan kepada unit kerja melalui media zoom meeting

*Tahapan proses audit online selama pandemi.

Audit secara online memang ada kelebihan atau kekurangannya, beberapa permasalahan yang terjadi yaitu auditi belum mempunyai softfile dokumen sehingga perlu waktu untuk scan dokumen, selain itu komunikasi secara virtual membuat adanya salah arti bahasa. Kelebihan dari audit online bisa menghemat biaya dan waktu serta mengurangi penyebaran virus covid-19 yang pada saat itu sedang banyak penularan.

Pada tahun 2022 masih dilakukan audit online dan berjalan dengan lancar sampai saat ini. Rencana pada tahun ini sudah menggunakan sistem e-audit, namun sampai saat ini sistem tersebut masih proses pengembangan hingga siap digunakan. Mungkin tahun depan sistem tersebut bisa dipergunakan dengan 100% sehingga dapat mempermudah proses audit yang dilakukan oleh para auditor. Dampak inisiatif dari pekerjaan yang telah dilakukan tentunya menghemat waktu pelaksanaan audit dan monitoring di unit kerja, mengurangi dokumen tercetak yang menumpuk karena mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan audit menggunakan media berbasis online (soft file). Di samping itu, kegiatan pengembangan SDM BPI juga dinilai menambah semangat dan peningkatan kinerja dari Auditor BPI dalam memberikan pelayanan kepada unit kerja. Hal ini dibuktikan dengan hasil skor kepuasan auditi mencapai 3,4 dari skala 1-4. (Hari)

*Aplikasi E-AUDIT Badan Pengawas Internal.