Rapat Koordinasi Penyamaan Persepsi Dalam Rangka Menindaklanjuti Temuan Audit Eksternal

Oleh: Irnadia Chairdinia, SE.,Ak.,CA.,CPA.,CRMO.,QGIA

Pada Rabu tanggal 30 Maret 2022, Badan Pengawas Internal menyelenggarakan rapat koordinasi “Penyamaan Persepsi dalam Rangka Menindaklanjuti Temuan Audit Eksternal” dengan melibatkan beberapa unit terkait, diantaranya Direktorat Sarana dan Prasarana, Direktorat Logistik, Keamanan, dan Ketertiban Lingkungan, Direktorat Keuangan, dan Pusat Layanan Pengadaan. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Vision Lantai 2 Hotel Double Tree Surabaya ini bertujuan untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menindaklanjuti temuan auditor eksternal agar tahun ini Universitas Airlangga dapat menuntaskan seluruh temuan auditor eksternal menjadi telah ditindaklanjuti seluruhnya sesuai dengan Rekomendasi yang diberikan oleh auditor eksternal. Seperti diketahui, Universitas Airlangga menerima kunjungan audit, reviu, dan monitoring evaluasi dari berbagai auditor eksternal, seperti Kantor Akuntan Publik, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan lain sebagainya, terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Airlangga.Kegiatan ini terbagi menjadi 3 (sesi), di sesi pertama pembahasan dilakukan terhadap progress inventarisasi aset di Universitas Airlangga, yang ditargetkan dapat selesai seluruhnya pada semester I tahun 2022 ini. Ke depannya, hasil inventarisasi aset tersebut akan dapat memudahkan pengelolaan dan pengawasan terhadap aset yang dimiliki oleh Universitas Airlangga, melalui sistem yang terintegrasi, mulai dari proses pengadaan, pembayaran, pencatatan, pendistribusian, pengelolaan, sampai dengan penghapusannya.Pada sesi kedua dilakukan pembahasan mengenai tindak lanjut temuan auditor eksternal, diantaranya penyusunan SOP yang lebih mendetail dan mencakup untuk kegiatan insidentil, proses penyelesaian dan mekanisme perbaikan agar tidak terjadi temuan yang berulang. Ke depannya, perlu ditingkatkan pengendalian internal dan pengawasan terhadap kesesuaian pelaksanaan kegiatan dengan aturan yang berlaku. Seperti yang diharapkan Pimpinan Universitas Airlangga, bahwa temuan auditor eksternal harus 100% tuntas ditindaklanjuti.

Pada sesi ketiga, pembahasan dilanjutkan pada Implementasi atas Peraturan Rektor Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Universitas Airlangga sebagaimana telah diubah melalui Peraturan Rektor Nomor 19 Tahun 2021. Atas implementasi tersebut, akan dilakukan koordinasi dan kolaborasi antar Direktorat Keuangan sebagai Pejabat Akuntansi Barang dan Direktorat Sarana dan Prasarana dan Direktorat Logistik, Keamanan, dan Ketertiban Lingkungan sebagai Pejabat Tata Kelola Barang untuk membuat sistem terintegrasi dan menjelaskan job description jelas bagi operator aset, untuk kemudian disosialisasikan di tingkat Fakultas dan Unit Kerja di Lingkungan Universitas Airlangga.

Adanya kegiatan koordinasi penyamaan persepsi ini memberikan insight bagi manajemen Universitas Airlangga untuk meningkatkan kinerja dan kolaborasi untuk membangun mekanisme dan prosedur pengendalian internal yang terintegrasi, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya. Ke depannya, diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkala demi peningkatan tata Kelola di Universitas Airlangga sebagai proses untuk mewujudkan UNAIR yang HEBAT (Humble, Excellent, Brave, Agile, and Transcedents).

“There are three kinds of people: those that make things happen, those that watch things happen and those who don’t know what’s happening, let’s be the one who make things happen”.

Leave a Reply